Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New

13 Turnamen Diakui WAGR

Tahun baru selalu mendatangkan harapan baru. PB PGI berharap akan muncul bibit-bibit baru atlet golf yang dapat berprestasi di turnamen-turnamen nasional dan internasional. Untuk mencetak atlet yang berkualitas tentu dibutuhkan banyak turnamen yang berkualitas. Oleh karena itu, sejak awal PB PGI berkomitmen menyelenggarakan banyak turnamen untuk junior dan amatir.

Ada 38 turnamen junior dan amatir yang akan diselenggarakan berbagai pihak dan sudah diagendakan untuk tahun 2016 (diagendakan di website www.pbpgi.org) . Di antaranya ada 7 Indonesia Elite Amateur Championship yang diselenggarakan PB PGI. Dalam agenda World Amateur Golf Rangking (WAGR), 7 turnamen ini dihitung menjadi 14 turnamen karena dibedakan untuk putra dan putri. Tahun ini, 13 turnamen tersebut resmi masuk agenda WAGR, yang berarti poinnya diperhitungkan untuk masuk rangking WAGR. Tahun lalu, 14 turnamen itu diujicobakan untuk masuk WAGR. “

Salah satu turnamen Elite kelompok putri tidak lolos karena kekurangan peserta. Saat ini kami memang sedang mengalami kesulitan mencari pemain putri. Semoga saja tahun ini akan bertambah bibit-bibit baru dari Pengprov,” kata Anthony Chandra, Ketua Bidang Pertandingan PB PGI.

Keputusan menyelenggarakan seri Elite Amateur Championship ini muncul karena masih sedikit sekali jumlah atlet Indonesia yang masuk WAGR. Akibatnya, atlet harus bertanding ke luar negeri untuk mengikuti turnamen- turnamen yang masuk agenda WAGR. Padahal tidak semua atlet Indonesia yang punya kemampuan untuk terus menerus bertanding ke luar negeri. Oleh karena itu PB PGI merasa berkewajiban menyediakan seri Elite Amateur.

Penambahan jumlah turnamen tentu terasa kurang jika tidak dibarengi penambahan jumlah atlet yang ikut. Oleh karena itu, PB PGI berharap semua Pengurus Provinsi (Pengprov) berperan aktif mendorong para atlet nya untuk berani berkompetisi di ajang turnamen nasional. “Kami harap, tahun ini akan muncul juarajuara baru. Jangan sampai setiap turnamen didominasi oleh pemain-pemain yang sama terus.

Tahun 2015 kami berhasil menyelenggarakan cukup banyak turnamen, walaupun belum sempurna dan masih harus ditingkatkan,” lanjut Anthony. Tahun 2015 PB PGI cukup aktif menyelenggarakan turnamen. Di antaranya adalah lima turnamen Open, 2 kejurnas amatir dan junior, serta 7 Indonesia Elite Amateur Championship putra dan putri.

Selain itu ada beberapa turnamen lain yang diselenggarakan satu sampai dua hari saja. Selain seri Elite Amateur Championship, tahun 2016 akan diselenggarakan antara lain 7 turnamen open, dan 5 seri Indonesia Junior Golf.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan atlet-atlet masih terfokus di Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa. Dibutuhkan partisipasi aktif dari Pengprov sehingga para atlet mereka bisa mendapatkan pengalaman berkompetisi. Tahun lalu, PB PGI mencoba membuat turnamen di luar Jakarta dan Jawa Barat, seperti di Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Bali, dan Batam (Kepulauan Riau), namun jumlah pesertanya juga masih kurang dari yang diharapkan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri mengingat jarak antara provinsi-provinsi di Indonesia cukup jauh, membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit.


Download


Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved