Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New
PON XXI ACEH SUMATERA UTARA 2024
PON XXI Golf: Kemenangan untuk Semua


Event empat tahunan, PON XXI cabang olahraga golf telah usai. Tujuh medali emas yang diperebutkan selama tujuh hari pertandingan juga telah dilaksanakan. Namun, turnamen golf yang diselenggarakan di Royal Sumatera, Medan ini masih meninggalkan kesan mendalam. Cabang olahraga golf pada PON XXI 2024 akan diikuti oleh 84 atlet golf dari 23 provinsi serta mempertandingkan: perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, beregu putri, dan campuran (foursome mix).

Di babak awal yakni di kelas individu putra terjadi persaingan ketat sejak hari pertama. Kendati kekuatan Pengprov terlihat merata, namun tiga Pengprov saling mengejar angka untuk memuncaki kelas perseorangan ini.

Kendati seluruh perwakilan Pengprov telah melakukan uji coba untuk mengenal lapangan, namun, Royal Sumatra sebagai tuan rumah penyelenggaraan bukanlah lapangan yang mudah ditaklukkan. Tingkat presisi dan ketepatan akurasi mutlak dibutuhkan untuk dapat mencetak angka di lapangan ini.
Di partai final, tiga Pengprov yakni Jakarta, Kalimantan Timur, dan tun rumah Sumatra Utara bersaing ketat untuk memuncaki klasemen. Bertanding selama tiga hari, Gabriel Hansel Hari akhirnya berhasil merebut medali emas untuk kategori perseorangan putra setelah sukses mencatatkan skor total 208 atau delapan di bawah par.

Sementara, pegolf asal Kalimantan Utara, Mochtar berhasil merebut medali perak setelah bukukan skor total 213 atau tiga di bawah par. Di posisi ketiga untuk medali perunggu diraih oleh Asa Najib Bhakti setelah bukukan skor total 214 atau dua di bawah par.

Di partai awal ini, drama justru terjadi di kelas individu putri. Di partai final, pegolf tuan rumah Viera Rosada bersaing ketat dengan pegolf Jakarta, Kristina Natalia Yoko. Selain mendapat dukungan dari warga Sumatera Utara, Viera yang sudah tiga bulan sebelumnya berlatih di Royal Sumatra, sehingga ia tahu betul karakter dari lapangan ini.

Di babak akhir Viera Rosada akhirnya sukses mendapatkan medali emas setelah bukuan 73, 72, dan 67. Sementara di posisi kedua, Kristina Natalia Yoko berhasil meraih medali perak berkat catatkan 216 pukulan. Pegolf Bali, Meva juga sukses persembahkan medali perunggu usai raih skor total 222.
Babak Foursome Putra-Putri

Beralih ke kelas foursome Putri. Tim Golf Bali yang semakin percaya diri akhirnya mengeluarkan taji mereka dengan memuncaki partai foursome putri. Sumbang emas pertama dari cabang olahraga golf bagi Bali, Tim foursome putri yang diperkuat oleh Meva Schmit dan Putu Mayvil benar-benar tunjukkan kekompakan yang luar biasa. Catatkan skor 74, 76, baik Meva maupun Mayvil mengaku bahwa tampil solid selama dua hari pertandingan adalah kunci dari kemenangan mereka.

Selanjutnya, peraih medali perak di kelas ini adalah pasangan Tim Jabar yang diperkuat oleh Rana Mukawa dan Rayi Geulis. Duo dinamis ini sukses hantarkan Tim Jabar meraih medali perak setelah kumpulkan skor 151 atau tujuh di atas par.

Sementara Tim Kaltim yang digawangi oleh Rani Ardelia dan Yunia Pamadya catatkan skor 152 atau delapan di atas par berada di posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu. Di kelas foursome putra, pasangan dari Jateng Amadeus Christian Susanto dan Nicolas Angga berhasil persembahkan medali emas dari kategori ini.

Babak Seru Mix Foursome dan Hasil Akhir Pekan Olahraga Nasional Cabor Golf
Dipertandingkan di dua hari terakhir, kelas ini menyita perhatian publik golf yang berada di Royal Sumatra. Sejak hari pertama, terjadi dinamika pemuncak klasemen yang membuat tensi dari pertandingan ini kian menarik untuk diikuti.

Pasangan Rayhan Abdul Latief dan Viera Rosada akhirnya sukses menambah pundi-pundi emas bagi Tim Sumatra Utara setelah sukses memenangkan kelas mix foursome PON XXI cabor golf. Rayhan dan Viera berhak atas medali emas setelah catatkan skor 71-69 atau empat di bawah par.

Kendati dinamika sempat terjadi di sembilan hole pertama, namun pasangan dari Jawa Tengah yakni Amadeus Christian Susanto dan Thea Jessica Tan berhasil merebut medali perak dengan skor tiga di atas par. Sementara, duo Jabar Randy Arbenata M. Bintang dan Rayi Geulis Zullandari dengan total skor lima di atas par berada di posisi ketiga untuk medali perunggu.

Provinsi DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum cabang olahraga golf pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang digelar pada 12-18 September 2024. DKI Jakarta meraih tiga medali emas pada nomor perorangan putra, beregu putra, dan beregu putri. Sementara, medali perak diraih Tim golf Jakarta pada nomor perorangan putri.

Setelah sukses meraih dua medali emas di nomor pertandingan perorangan putri dan mix foursome, tiga medali perak diraih pada nomor beregu putra, beregu putri, dan foursome putra. Selain itu, dua medali perunggu juga diraih Sumut melalui nomor perorangan putra dan foursome putra. Dengan prestasi ini Sumatra Utara berada pada peringkat kedua dengan perolehan dua medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu.

Sementara Tim Jawa Tengah mendapatkan masing-masing satu medali emas dan perak. Medali emas diraih Jateng pada nomor foursome putra dan medali perak diraih dari nomor foursome mix.
 

 

 
Other News Collection
Menpora Resmi Membuka Kejurnas Golf Amatir 2024
Amadeus dan Milani Percaya Diri Hadapi Kejurnas 2024
Pengalaman Berharga Bagi Elaine Widjaja & Kristina Natalia Yoko
Seminar R&A Tournament Administrators & Referees Seminar (TARS) level 3
Indonesia Kirim Wakil Ke Asia-Pacific Senior Amateur Championship di Vietnam
Enam Pegolf Wakili Indonesia di Simone Asia Pacific Cup 2023
Indonesia Jadi Juara Umum Di MEDCO Pondok Indah International Junior Golf 2023
Banyak Kejutan di Liga Golf Jakarta 2023
Berita lainya >>>
 
Contact us

Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association
Pondok Indah Golf, Golf Gallery Building 2nd Floor
Jl. Metro Pondok Indah
Jakarta 12310
Indonesia

Phone :  (62-21) 7590-8206
Fax :  (62-21) 2920-8534
Email :  info@pbpgi.org or pgi.sekretariat@gmail.com 
Website :  www.pbpgi.org

 

 

     

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved