Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

Singapore Junior Golf Championship
Wakil Indonesia Persembahkan Best Flight A Girl Division

Drama menegangkan yang terjadi di partai final Singapore Junior Golf Championship akhirnya usai. Chen Xington secara dramatis akhirnya mampu membalikkan keadaan untuk kembali merebut tahta tertinggi di kelas A Girls Division. Memperkecil defisit skor dari hari kedua, di partai final ini Chen berhasil raih - 3 yang sekaligus secara otomatis melejitkan namanya untuk bertengger di posisi puncak partai final. Dengan skor tiga di atas par (+3) 72, 78, 69 total 219, Chen Xington harus berbagai kursi di posisi puncak bersama Prim Prachnakorn yang juga dapatkan skor tiga di atas par (+3) 74, 74, 71 total 219.

Berkat penampilan stabilnya, Gemilau Joanne Kurnia berhasil keluar sebagai Best Flight A Girl Division. Tiga kali birdie dan empat kali boogey harus mewarnai kartu skor Gemilau, sehingga tambahan satu di atas par mengakhiri petualangan atlet Pengprov Banten ini untuk berada di posisi 3 dengan skor enam di atas par (+6) - 75, 74, 73 total 222.

Persiapan saya sebelum ikut Singapore Junior Golf Championship tidak ada yang terlalu istimewa. Latihan biasa saja, tapi lebih fokus ke course management di hole-hole di Keppel Club. Jadi lebih ke main menyerang atau main aman. Kondisi lapangan di sana terbilang bagus, tricky dan juga licin. Tingkat kemiringan lapangan juga sangat sloopy, naik-turun, dan fairwaynya rumput gajah sehingga untuk mendorong troly sendiri butuh tenaga.

Selama tiga hari, di putaran awal saya sedikit frustasi karena saya tidak dapat birdie sama sekali. Tapi, Saya tetap mengusahakannya. Saya akhirnya baru dapat birdie di putaran kedua. DI putaran kedua itu saya bisa main lebih bagus, skor juga meningkat. Menurut saya lokasi pin juga sangat tricky. Jadi ball placement dan speed control harus dijaga. Cuaca di Keppel Club sangat panas dan lembab. Selama disana saya minum banyak biar tidak dehidrasi dan tetap bisa menjaga fokus,” ungkap Gemilau Joanne Kurnia setelah turnamen berlangsung.

“Perasaanku senang bisa menang untuk di kategori A Girls Division. Karena sebelum turnamen saya memang tidak terlalu banyak ekspektasi yang tinggi untuk dapat menang. Setelah ini saya akan ikut Ciputra Golfpreneur Junior World Championship” tambah Gemilau Joanne Kurnia.

“Dua atlet golf junior Gemilau Joanne Kurnia dan Jordan Indra Marcelo telah berhasil menyelesaikan SIngapore Junior Golf Championship 2024 dengan sangat baik. Diselenggarakan di salah satu course tertua di Singapura, turnamen ini sendiri telah melahirkan banyak pegolf top dunia dari Asia. Selain Indonesia, ada 12 negara Asia Pacifik yang berpartisipasi dalam turnamen ini. Turnamen ini sendiri diikuti oleh pegolf junior dari usia 12-17 tahun,” kata Alga Topan selaku Kepala Pelatih yang mendampingi dua atlet ini.

“Alhamdulillah, di tahun ini atlet golf junior Indonesia, Gemilau Joanne Kurnia berhasil menyabet juara untuk A Girls Division. Secara keseluruhan, Gemilau memang finis di posisi tiga terbaik. Tetapi karena ada kategori usia, awards untuk best gross putri overall, sehingga Gemilau mendapat award untuk kelompok umur 15-17 tahun A Putri,” tambah Coach Alga Topan.

Persaingan ketat justru terjadi kelas A Boys Division. Saling mengejar angka ditunjukkan oleh duo Thailand, Thannattsaron Supinraj yang terpaut satu angka dengan pemuncak klasemen Warut Boonrod. Sementara pegolf tuan rumah Troy Storm juga tak ingin kalah. Storm terus memberikan perlawanan hingga detik-detik terakhir.

Sementara, setelah berjuang selama tiga hari, Pegolf Indonesia, Jordan Indra Marcelo akhirnya finis di posisi T8 dengan skor enam diatas par (+6). Jordan berada di posisi ini dengan tiga pegolf lain asal Hong Kong dan Malaysia.

“Terkai dengan persiapan sebelum turnamen, seluruh atlet telah melakukan adjustment terhadap lapangan yang didesain di area perbukitan yang setiap hole-nya memiliki kontur naik-turun dab selain itu, seluruh pemain harus berjalan kaki dengan membawa golf bag-nya masing-masing. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi para pemain putra dan putri Indonesia. Tetapi berkat pengalaman mereka bertanding di event nasional maupun internasional sebelumnya, baik Gemilau maupun Jordan sudah terbiasa dengan aturan turnamen seperti ini.

Soal course management, saya dan dua atlet lainnya melakukan adjustment setiap atlet. Hal ini kami lakukan mengingat mereka bermain dari tee box yang berbeda. Setelah melakukan pertandingan kedua atlet telah berupaya maksimal dengan hasil terbaiknya. Kendati Jordan belum naik podium akan tetapi Jordan telah bermain dengan sangat baik hingga ia dapat finis di posisi 8.

Apa yang sudah mereka persembahkan, saya sebagai pelatih dapat mengatakan bahwa untuk mengatasi lapangan ini tidaklah mudah termasuk untuk menghadapi pemain-pemain top-top junior dari berbagai negara Asia Pasifik. Selain membutuhkan ketahanan fisik, mereka juga memerlukan pengalaman dan jam terbang. Kendati demikian kita tetap harus mengapresiasi apa yang telah mereka perjuangkan. Kedepannya, Melalui turnamen ini semoga kita semua mendapat pengalaman dan pelajaran untuk lebih bisa meningkatkan kemampuan. Semoga dari turnamen ini bisa dijadikan ajang tolok ukur tryout untuk turnamen-turnamen internasional selanjutnya,” Ungkap COach Ala Topan ketika dihubungi Tim PB PGI usai turnamen berlangsung.

Di kelas Boys Overall, pegolf India Kartik Singh dari B Boys Division tampil sangat solid dengan memenangi seluruh kelas dengan skor sembilan di bawah par (-9). Disusul Thanattsoen Supinraj (Thai) di posisi kedua. Sementara di posisi 3 dihuni oleh dan Troy Storm.

 

 

 
Other News Collection
Menpora Resmi Membuka Kejurnas Golf Amatir 2024
Amadeus dan Milani Percaya Diri Hadapi Kejurnas 2024
Pengalaman Berharga Bagi Elaine Widjaja & Kristina Natalia Yoko
Seminar R&A Tournament Administrators & Referees Seminar (TARS) level 3
Indonesia Kirim Wakil Ke Asia-Pacific Senior Amateur Championship di Vietnam
Enam Pegolf Wakili Indonesia di Simone Asia Pacific Cup 2023
Indonesia Jadi Juara Umum Di MEDCO Pondok Indah International Junior Golf 2023
Banyak Kejutan di Liga Golf Jakarta 2023
Berita lainya >>>
 
Contact us

Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association
Pondok Indah Golf, Golf Gallery Building 2nd Floor
Jl. Metro Pondok Indah
Jakarta 12310
Indonesia

Phone :  (62-21) 7590-8206
Fax :  (62-21) 2920-8534
Email :  info@pbpgi.org or pgi.sekretariat@gmail.com 
Website :  www.pbpgi.org

 

 

     

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved