Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

Sukamdi Sang Legenda

Sejak kejuaraan golf amatir beregu bertajuk Putera Cup digulirkan tahun 1961, Indonesia berhasil membawa piala PM Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj sebanyak lima kali pada 1977,1978,1988,1992 dan 1994. Dari 5 gelar yang berhasil direbut 3 di antaranya ketika di dalam tim golf Indonesia terdapat nama Sukamdi.

Tak hanya di nomor beregu saja pegolf Puja Kesuma (Putera Jawa Kelahiran Sumatera) itu menunjukkan performa terbaiknya. Di nomor individual pun permainan Sukamdi sungguh sangat luar biasa!

Bersama Jayadi, Budiono dan Ben Tumbel, Sukamdi sukses memboyong piala bergilir Tunku Abdul Rahman itu ke Tanah Air. Kemudian pada 1992 Sukamdi bersama Sanusi, Bahtiar Sanja dan Ilyasak mengulang kembali sukses seperti yang terjadi pada 1988. Sedangkan pada 1994 formasi tim golf Indonesia yang beranggotakan Sukamdi, Denny Supriyadi, Dana Machmud dan Bahtiar Sanja kembali membawa nama Indonesia ke posisi terhormat.

Di nomor individu Sukamdi juga sukses menjadi juara sebanyak 4 kali masing-masing pada 1988, 1992, 1994 dn 1995. Keberhasilan Puja Kesuma yang satu ini belum pernah bisa disamai oleh pegolf Indonesia lainnya.

Karir Sukamdi di olahraga golf mulai menanjak ketika dia masih junior. Pada 1977 dia berhasil merebut Piala Presiden Republik Indonesia tiga kali berturut-turut. Selain itu, dia juga pernah merebut Ali Said Cup sebanyak 2 kali dan menjadi 1st runner up Junior Open. Pada 1980 ayah dari 3 orang anak ini merebut gelar juara Jakarta Circuit dan Indonesia Amateur Open.

Puncak karir Sukamdi di kancah persaingan pegolf amatir adalah ketika dia berhasil merebut medali emas perorangan di SEA Games 1991 di Manila. Sementara, sebelum dia beralih ke pro, pada 1977 berhasil merebut gelar Singapore Amateur Open dan disusul Indonesia Amateur Open dengan mengalahkan Thongchai Jaidee.

Namun, sang legenda golf amatir di Tanah Air ini, prestasinya melorot tajam setelah beralih menjadi pro pada tahun 2000 lalu. Sepak terjangnya di PGPI Tour (kini Indonesia PGA) tak se-fenomenal ketika dia masih malang-melintang di ajang persaingan golf amatir baik di tingkat lokal, regional maupun internasional.

Sementara, Thongchai Jaidee, yang sangat respek terhadap keberadaan Sukamdi, setelah beralih ke pro karirnya justru terus melambung. Bahkan mantan anggota Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand tersebut saat ini menjadi salah satu pro terkaya di kawasan Asia Tenggara.
 


Team Indonesia Putra Cup.
Dari kiri : Dana Machmud, Sukamdi, Bachtiar Sanja, Denny Supriadi, Latif Ewa (Alm).
 


Team Indonesia Queen Sirikit Cup.
Dari kiri : Corry Rusdi (Team Manager), Siti Retno Purwandari, Ani Iman, Elly Mulani.
Pada turnamen tahun 1994 ini, Putra Cup dan Sirikit Cup merupakan dua gelar yang diselenggarakan pada event yang sama.


Team Putra Cup dan Queen Sirikit Cup Indonesia.

 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved