Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

KEJUARAAN NASIONAL GOLF AMATIR INDONESIA 2014
Ukir 1 Under, Joeh Se Ik Pimpin Leaderboard Putra Renata Unggul di Kelas Putri

TANGERANG, 23 September. - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2014 mulai digelar hari ini, 23 September. Turnamen yang berlangsung di Gading Raya Padang Golf & Klub ini menghadirkan 81 peserta, 60 pegolf putra dan 21 pegolf putri. Grup pertama yang diisi M. Rifqi Alam Ramadhan, Nurdana, dan Irwan D. Sutanto di Tee 1 serta grup kedelapan yang diisi Kevin C. Akbar, Dhani Surya Akbar, dan Simon Reynolds di Tee 10 membuka Kejurnas ini dengan melakukan tee off pada pukul 06.30 WIB. Sementara, tee off siang yang dimulai pukul 10.00 diawali grup Amzar Marzuki, Haryanto, dan Naraajie Emerald di Tee 1 serta grup Surya Indarta, Soedono Lee, dan Suseno Andery Atmadji di Tee 10.

Hasil putaran pertama sementara menempatkan Joeh Se di puncak leaderboard untuk kelompok putra (men division). Dengan membukukan 1 under (1 di bawah par, 71), pegolf berdarah Korea Selatan itu unggul 2 stroke (pukulan) atas Almay Raihan Yaguta yang bermain 1 over hari ini. Se Ik sempat membuat 2 over (2 di atas par) di empat hole pertama karena double bogey di hole 4. Beruntung, pegolf yang berlatih di Sim’s Golf Academy ini bisa recover di hole 9 dan 10 dengan membukukan birdie di masing-masing hole. Setelah bertahan dengan skor par hingga hole 17, Se Ik yang saat ini berusia 17 tahun ini menutup putaran hari ini dengan birdie, sehingga skor sementara 1 under (1 di bawah par).

Almay membuka 2 hole pertama dengan 2 over usai membuat double bogey di hole 2, lalu menjadi 3 over setelah bogey di hole 13. Dua birdie di hole 15 dan 18 tidak cukup menebus 3 over yang sudah dibuatnya selama 13 hole pertama. Skor 1 over (73) yang diukir Almay menempatkannya di posisi kedua leaderboard putra. Sedangkan, posisi ketiga diisi Grady Santoso dan Dominikus Glenn yang hari ini membuat skor 74 (2 over).

Kejurnas Golf Amatir Indonesia 2014 diikuti beberapa pegolf terbaik dari beberapa daerah. Beberapa nama tercatat sebagai atlet-atlet PON 2012, seperti Nurdana dari Provinsi Bangka Belitung, Rizky Surbakti dari Sumatera Selatan, I Nyoman Pasek dari Banten, Cahyo Aditomo dari DKI Jakarta, Maria Maisti dari Sumatera Utara, dan Juriah dari DKI. Satu atlet nasional, Kevin C. Akbar, turut meramaikan Kejurnas yang pertama kali digelar setelah lima tahun vakum. Namun, untuk hari pertama kejurnas, Kevin harus puas dengan skor 75 (3 over). “Putting saya hari ini kurang bagus sehingga sulit membuat skor yang baik,” jelas Kevin, yang berada di T-.5 bersama Fadhli R. Soetarso, Rizky Surbakti, M. Seandy Alfarabi, dan Nurdana

Di kelompok putri, Renata Rizadimaya sementara mengungguli pegolf-pegolf putri lainnya. Pegolf berusia 21 tahun ini mencetak skor 74 (2 over) di hari pertama. Renata cukup puas dengan permainannya hari ini. “Pin placement (penempatan pin)-nya lumayan sulit…karena berada di area-area slope. Embusan angin pun cukup mengganggu. Beberapa kali saya harus menunggu ketika mau putting,” jelas mahasiswa jurusan perhotelan ini. Renata bersyukur masih bisa survive dalam kondisi permainan hari ini.

Posisi Renata memang belum aman karena hanya unggul 1 stroke dari Chiara Revaya Arya dan Juriah yang dalam putaran pertama ini sama-sama mencetak 3 over (75). Juriah yang merupakan atlet PON 2012 dari DKI dan juga mantan atlet nasional ini masih berpeluang menggusur posisi Renata di puncak. Begitu pula Chiara yang memiliki kesempatan yang sama. Sementara, di T-4, dua pegolf mengumpulkan skor 77 (5 over), yaitu Gavrilla Christina Arya dan Michela Tjan.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2014 yang digelar Persatuan Golf Indonesia (PGI) ini akan berlangsung hingga 26 September 2014. Menggunakan format gross stroke play, para peserta akan bermain selama 4 round (72 hole). Ini merupakan turnamen perdana PGI di bawah kepemimpinan Murdaya Widyawimarta Po, yang pada 22 Mei lalu terpilih sebagai Ketua Umum PGI periode 2014-2018.

Kejurnas Golf Amatir Indonesia 2014 dilaksanakan dalam upaya memperbanyak roda kompetisi sehingga memperkaya pengalaman sekaligus jam terbang para pegolf amatir di Indonesia demi peningkatan prestasi mereka. Selain itu, PB PGI menjadikan Kejurnas Golf Amatir ini sebagai sarana untuk menjaring pemain pemain terbaik yang akan diproyeksikan untuk tim nasional.

Pertandingan berskala nasional ini mengadopsi Rules of Golf sesuai yang dikeluarkan R&A Ltd. Pengawasannya dibantu para referee yang biasa bertugas di event-event Asian Development Tour, yang berada dalam pengelolaan Asian Tour—organisasi golf tour profesional di Asia.
 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved