Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

KEJUARAAN NASIONAL GOLF AMATIR INDONESIA 2014
Se Ik dan Michela Juarai Kejurnas


Pemenang Kejurnas Amatir bersama Pak Murdaya Widyawimarta

TANGERANG, 26 September. Langkah Joeh Se Ik menuju takhta juara tidak tertahankan. Pegolf asal Korea Selatan ini akhirnya memastikan diri menjadi juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2014 pada 26 September di Gading Raya Padang Golf & Klub. Se Ik terus memimpin puncak leaderboard selama tiga hari pertama. Posisi ini akhirnya dipertahankan dalam putaran akhir.

Permainan Se Ik di hari keempat sempat digoyang Rizky Surbakti. Akibat bermain buruk di first nine, dua bogey di hole 4 dan 8, selisih total skor Se Ik menjadi 2 stroke dengan Rizky. Skor total Se Ik adalah even, Rizky 2 over. Bahkan, Rizky yang merupakan atlet asal Palembang, Sumatra Selatan, ini mampu unggul 1 stroke setelah membukukan 3 birdie di hole 10, 11, dan 12. Sedangkan, Se Ik yang bermain atu grup di belakang Rizky hanya mampu bermain par. Namun, Se Ik kembali membalikkan keadaan pada hole 17 dengan birdie, sedangkan Rizky mengalami bencana setelah membuat bogey di hole 14 dan hole 17. Kedudukan akhir Se Ik 1 under (287, 71-71-72-73), sedangkan Rizky 1 over (75-72-73-69).

“Saya awalnya bermain santai saja. Gara-gara bogey di hole 4, permainan saya menjadi terganggu. Saya jadi banyak berpikir. Untung saya masih confident meski sempat disamai Rizky di hole 12,” ujar Se Ik, yang beberapa kali meraih low amateur di turnamen-turnamen profesional. Sementara itu, Rizky yang hari ini bermain impresif dengan 6 birdie cukup kecewa karena tidak mampu mempertahankan keunggulan. “Bogey di hole 14 benar-benar merusak permainan saya di hole berikut. Saya terlalu ceroboh,” kata Rizky. Pegolf berusia 21 tahun ini sebenarnya sudah berusaha main lepas, dan hasilnya memang di luar dugaan. “Pokoknya target saya hari ini membuat banyak birdie,” kata atlet PON 2012 dari Sumsel.

Se Ik mengumpulkan skor total akhir 287 (1 under), sedangkan Rizky 289 (1 over) di posisi runner up. Cahyo Adhitomo menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 293 (5 over). Naraajie menempati posisi keempat dengan 294 (6 over).

Sementara itu, di kelompok putri, Michela Tjan membuktikan diri sebagai yang terbaik dalam pertandingan yang menegangkan di hari ini. Mengawali turnamen di putaran terakhir dengan keunggulan 5 stroke, pegolf berusia 15 tahun ini bermain tidak seperti dua hari sebelumnya. Empat over dibuat Michela di first nine (9 hole pertama). Sedangkan, pesaing terdekatnya, Chiara Revaya Arya, memanfaatkan permainan buruk Michela. Chiara bermain even par di 9 hole pertama. Michela masih unggul tipis dari Chiara untuk total skor dengan 1 stroke.

Chiara sempat menyamakan skor dengan Michela setelah membukukan birdie di hole 10. Bahkan, di hole 14, adik Gavrilla Christina Arya ini unggul 1 stroke meski bogey di hole tersebut. Namun, Michela membuat double bogey di hole yang sama. Sayang, keunggulan ini hanya bertahan satu hole setelah Chiara melakukan bogey di hole 15, sedangkan Michela bermain par.

Hole 17 menjadi titik balik keberhasilan Michela. Birdie yang dicetaknya membuat siswi El Shaddai International School Jakarta ini kembali memimpin 1 stroke setelah Chiara hanya mampu bermain par. Keadaan ini bertahan hingga hole 18.

“Saya tampil gugup di first nine. Ini pertama kalinya saya leading di turnamen seperti ini. Chiara juga bermain bagus sehingga skor saya terkejar. Pukulan driver dan putting saya hari ini memang kurang bagus. Mungkin karena pressure yang saya rasakan hari ini,” jelas Michela. Birdie di hole 17, kata Michela, sempat melepaskan beban itu karena bisa unggul sementara 1 stroke.

Gelar juara Kejurnas ini merupakan titel pertama Michela di ajang berskala nasional. “Saya persembahkan gelar ini bagi Papa dan Mama yang terus mendukung saya, serta pelatih saya,” katanya.

Total skor akhir di klasemen putri adalah Michela membukukan skor total 297 (9 over) di peringkat 1, Chiara di posisi kedua dengan 298 dan Rivani Adelia Sihotang berada di posisi ketiga dengan 302 (14 over). Ribka Vania yang tampil luar biasa hari ini dengan 1 under berbagi tempat dengan Juriah yang sama-sama mengumpulkan skor total 303 (15 over) di T-4.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2014 yang digelar pada 23-26 September berlangsung di Gading Raya Padang Golf & Klub, Kejurnas ini menghadirkan 81 peserta, 60 pegolf putra dan 21 pegolf putri. PB PGI menjadikan Kejurnas Golf Amatir ini sebagai sarana untuk menjaring pemain pemain terbaik yang akan diproyeksikan untuk tim nasional. Sesuai hasil Kejurnas, merujuk pada klasemen (leaderboard), terpilih 12 pegolf putra dan 7 pegolf putri yang akan menjadi kerangka timnas.


Pemenang Kejurnas Amatir bersama PB PGI
 


Hole in One Winner Renata Riza Dimaya

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved