Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

HANDICAP INDEX
Apa, Mengapa dan Bagaimana

Oleh Maman Widjaya
Badan Profesi – Bidang Handicap PB PGI

Pengantar
Golf merupakan olah raga yang sangat menjunjung tingga azas kejujuran dan keadilan. Golf merupakan olah raga dimana pemain dengan kemampuan atau keterampilan yang berbeda dapat bermain atau bertarung berdasarkan prinsip keseimbangan. Hal tersebut dimungkinkan karena olah raga golf memiliki media yang disebut Handicap. Ada dua macam handicap, yaitu Course Handicap atau Handicap Lapangan dan Handicap Index.

Course Handicap atau Handicap Lapangan adalah Handicap Pegolf yang berlaku di lapangan golf tertentu atau lapangan yang sedang dimainkannya. Sementara Handicap Index merupakan index handicap seorang Pegolf yang berlaku secara Universal. Course Handicap dihitung dengan cara meng-konversi Handicap Index dengan Tabel Konversi Handicap atau yang lebih dikenal denga nama Course Handicap Tables.

Handicap dan Handicap Index

  1. Handicap Index merupakan alat ukur kemampuan potensial seorang Pegolf bermain di lapangan golf dengan tingkat kesulitan standard. Handicap Index dikembangkan oleh United State Golf Association (USGA), yaitu Assosiasi Golf Amerika dan dikenal dengan nama USGA Handicap System.
     

  2. USGA Handicap System telah diadopsi oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) sejak tahun 2000 dan merupakan satu-satunya system handicap yang berlaku di Indonesia

Mengapa Handicap Index

Berbeda dengan system handicap yang konvensional, Handicap Index dihitung dengan mempertimbangkan factor kesulitan lapangan yang dimainkan. Tiap padang golf memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Itulah sebabnya Handicap Index dianggap lebih obyektif dan realistis.

Tingkat kesulitan suatu padang golf dinyatakan dengan angka Course Rating dan Slope Rating. Angka-angka tersebut dihitung berdasarkan hasil evaluasi yang disebut Course Rating.

Cara Menghitung Handicap Index

Formula USGA Handicap Index:

Handicap Index = (Adjusted Gross Score – Course Rating) x 113 (constant)
                                                                     Slope Rating

Catatan : Adjusted Gross Score = Gross Score – Equitable Stroke Control, yaitu angka / score koreksi atau Equitable Stroke Control (ESC).


Manfaat Handicap Index bagi Seorang Pegolf

  1. Handicap Index merupakan identitas seorang Golfer atau Golfer’s Identity
     

  2. Handicap Index berlaku di Padang Golf mana saja dan berlaku secara universal.
     

  3. Pemegang Handicap Index dapat bermain golf di Lapangan Golf di seluruh dunia yang mentrapkan USGA Handicap Index.

 Implementasi Handicap Index di Indonesia

  1. Global Handicap System (GHS) merupakan system handicap index pertama berbasis USGA Handicap System yang dikembangkan sendiri oleh PGI pada tahun 2001. Sistem ini memiliki kelemahan karena hanya berlaku secara local atau hanya dilingkungan Golf Club masing-masing.
     

  2. Untuk menanggulangi kelemahan GHS, PGI mengembangkan integrated handicap index system yang diberi nama National Handicap System (NHS). NHS merupakan Web-design Application yang dioperasikan dengan protocol internet. Secara resmi NHS dioperasikan mulai tangal 1 Januari 2011.

 Kendala

  1. Apresiasi Pegolf dan Golf Clubs pada umumnya masih rendah.
     

  2. Turnamen Golf yang diselenggarakan baik oleh PGI maupun Klub Golf belum menetapkan Handicap Index sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki oleh Peserta Pertandingan.

Prosedur untuk Mendapatkan Handicap Index

  1. Handicap Index dihitung atau ditetapkan oleh NHS dan dapat di-akses secara terbuka melalui Web NHS (www.pginhs.org). Adapun Handicap Index Card dapat diperoleh setiap Pegolf melalui Golf Club dimana yang bersangkutan bergabung
     

  2. Untuk menjamin kebenaran dan keabsahan (reliabilitas) handicap index, Pegolf tidak dapat entry atau meng-update score mainnya sendiri ke NHS. Hanya Golf Clubs yang bisa meng-update scores main Pegolf anggotany ke NHS. Dan Golf Clubs bertanggung jawab atas kebenaran score yang di-entry atau dimasukkan ke NHS.
     

  3. Sesuai formula USGA Handicap System, Handicap Index baru bisa dihitung apabila Scores main yang dimasukkan ke NHS paling sedikit 5 (lima) scores.

Handicap Index Card / PGI Member Cardd

Handicap Index Card yang diterbitkan oleh PGI sejak tahun 2013, disamping berfungsi sebagai Kartu Handicap, juga berfungsi sebagai PGI Member Card. Dengan menggunakan scanner yang ada pada tilpon cellular (HP), handicap index dapat  diketahui dengan men-scan barcode yang tercetak pada Kartu Handicap. Setiap Tilpon Cellular atau HP yang berkamera pada umumnya dilengkapi dengan scanner Berikut ini contoh Kartu Handicap yang lama. PGI saat ini sedang mendesign kartu Handicap baru yang lebih baik dan direncanakan mulai diterbitkan pada awal bulan Januari 2015.

 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved