Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

ZULHAIMI Dari Klub Blue Tee Juara Credit Suisse Match Play 2012

The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship yang berlangsung pada 2 - 4 Oktober 2012 adalah sebuah kejuaraan yang prestisius diselenggarakan oleh Gunung Geulis Country Club setiap tahun dan sudah berlangsung selama sepuluh tahun.

Selain itu, event ini juga di sanction oleh PB.Persatuan Golf Indonesia (PB.PGI) yang memberi jaminan penuh tentang mutu dan kualitas, penyelenggaraan, peraturan dan pelaksanaan pertandingan di lapangan yang mengacu sepenuhnya pada ketetapan-ketetapan terkini yang diatur the R&A Rules Limited.

Oleh karena itu menjadi sangat wajar apabila peserta yang berkompetisi di kejuaraan tersebut sebanyak 138 pegolf. Mereka adalah pegolf amatir yang menyandang handicap single dari setiap perkumpulan golf yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Pada The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012, panitia penyelenggara mengundang juga atlet golf junior di bawah usia 18 tahun yang berada dalam tataran ranking PGI. Selain itu, panitia penyelenggara juga membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada pegolf muda lainnya yang tergabung dalam beberapa perkumpulan golf.

Hasilnya, sangat postif. Terbukti, mereka semua tampil berkompetisi, mulai dari babak kualifikasi terlebih dahulu dengan memakai format stroke play 18 holes, kemudian hasilnya diambil16 pemain terbaik yang masuk kategori event AA sedangkan sisanya yang tersisih masuk kedalam event BB yang dimainkan 18 holes per ronde selama dua hari dengan memakai format stroke play.

Babak selanjutnya Event AA dimainkan memakai sistim gugur dengan format match play , babak pertama 8 partai-18 holes, babak perempat final 4 partai-18 holes, babak semi final 2 partai-18 holes dan babak final 1 partai-36 holes dan menampilkan 2 pegolf terbaik di event tersebut

Dua pegolf, masing-masing Zulhaimi dari Blue Tee Golf Club dan Bramantio Adi dari The Golfer , berhasil melewati berbagai macam rintangan – baik dari kompetitor itu sendiri maupun situasi dan kondisi di West Course Gunung Geulis Country Club – bertarung ketat untuk menjadi juara The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012.

Seperti diketahui, final The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012 harus bermain sebanyak 36 holes. Persaingan antara Zulhaimi dan Bramantio Adi berlangsung sangat ketat dan menegangkan, “Ibam” nama panggilan akrabnya Bramantio yang usianya baru saja genap 20 tahun terus berjuang sampai “titik darah” penghabisan dan berusaha menumbangkan reputasi seorang Zulhaimi yang usianya baru saja memasuki 45 tahun pada tanggal 14 Agustus yang lalu dan sudah kenyang menikmati “manis-asin”-nya persaingan dalam percaturan olahraga golf.

Hasilnya, sungguh sangat luar biasa. Karena, perlawanan Bramantio tidak sia-sia. Terbukti, pada ronde pertama dan kedua, mereka bermain 36 holes imbang. Dan, untuk menentukan siapa yang berhak atas gelar juara The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012, kedua finalis tersebut harus melakoni babak play off.


Jam Terbang
Babak play off pun berlangsung dan dimulai dari hole 37 dimana keduanya  sama-sama membukukan skor par. Begitu pula di hole 38 dimana score keduanya masih tetap sama (square) karena masing-masing mendapat skor boogey. Namun pada hole 39 (par 3, west course) Zulhaimi berhasil membukukan score par dan Bramantio membukukan score boogie. Di babak inilah pengalaman dan jam terbang  Zulhaimi memang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jam terbang yang dimiliki oleh Bramantio, sehingga tidak terlalu mengejutkan apabila pegolf dari Blue Tee Golf Club tersebut berhasil merebut  gelar “Juara” The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012.

Perlawanan gigih dan pantang menyerah yang ditunjukkan oleh Bramantio membuat para pemerhati olahraga golf berdecak kagum. Terlepas dari minimnya jam terbang yang dimiliki oleh Bramantio, namun berkat gemblengan pelatih Kasiadi selama satu tahun dan kemudian ditambah dengan pengalaman belajar di David Milne Golf Academy, Perth-Australia selama kurang-lebih satu setengah tahun, membuat Bramantio mampu mengimbangi permainan Zulhaimi yang jauh lebih senior.

Meskipun akhirnya cukup puas berada posisi Runner Up, tampilnya Bramantio di final The 10th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2012, membuat event tersebut tahun ini terasa “gereget”-nya. Ini terjadi karena keikut-sertaan pegolf muda yang memanfaatkan event tersebut sebagai wahana untuk menambah jam terbang – sebelum mereka berkiprah di dalam kejuaraan amatir baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.
 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved